Kurikulum 2013 Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia
Satu semester bersama kurikulum
2013 telah dilalui. Ini menjadi pengalaman tersendiri bagi kami anak SMAN 1
SALATIGA 2013/2014, sebagaimana SMAN 1 sebagai piloting dari pelaksanaan
kurikulum 2013 di kota Salatiga. Semua pelajaran tak terkecuali Bahasa
Indonesia sudah menggunakan kompetensi dari kurikulum 2013, hal ini menjadikan
antusias para guru dan siswa.
Mendengar isu bahasa Indonesia
akan menjadi bahasa pengantar di daerah Asia, kita perlu membenahi etika
berbahasa Indonesia yang benar, hal ini menjadi salah satu sebab standard
kompetensi kurikulum 2013.
Pada kurikulum ini, materi
pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan metode pendekatan dengan menggunakan
teks, hal ini diharapkan dapat membangun siswa berpikir lebih kompleks dan
lebih kritis terhadap kehidupan nyata.
Kurikulum 2013 mengisyaratkan sebuah proses pembelajaran melalui Scientific Approach (Pendekatan Ilmiah).Dalam
pendekatan ini, keberhasilan akan diraih apabila siswa mampu melakukan
langkah-langkah scientific, yaitu : mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengomunikasikan. Oleh karena
itu, siswa diharapkan untuk aktif, kreatif, dan mandiri dalam proses pembelajaran.
Proses pembelajaran mencakup tiga
penilaian, yaitu : afektif(sikap), kognitif(pengetahuan),dan
psikomotorik(Keterampilan) ini meliputi memahami teks, menganalisis, mengolah,
membedah, menyimpulkan,dan mencipta. Pada kurikulum ini juga ditekankan siswa
tidak hanya terpaku pada pembahasan oleh guru, siswa diharap aktiv dalam mencari
dan memahami dari sumber lain, dalam hal ini guru sebagai sarana berdiskusi
aktiv.
Dengan adanya kurikulum 2013 ini,
diharap bisa meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia(SDM) di Indonesia serta
mewujudkan etika baik dan nasionalisme yang sedang digencar-gencarkan
pemerintah Indonesia saat ini
Contoh teks eksposisi karangan saya, mohon penilaiannya. :)